Kasubag Umum Dan Hukum Dr.Andi Fahcruddin Wakili Kadisdik Sulsel Terima Aksi Demo Mahasiswa di Gedung Guru

MAKASSAR- LEMKIRANEWS.Id

Mahasiswa Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia (IPMIL) Luwu Raya yang melakukan aksi demo tepat di Hardiknas 2 Mei 2024 akhirnya diterima di Gedung Guru HM.Jusuf Kalla Kompleks Disdik Sulsel.
Kelompok mahasiswa yang menamakan diri Wija to Luwu tersebut diterima pukul 17.15 Wita usai melakukan orasi selama hampir dua jam di depan Kantor Disdik Sulsel.

Saat diterima para mahasiswa tersebut secara bergantian menyampaikan tuntutannya diantaranya ingin transparansi anggaran pendidikan, demikian juga mereka ingin pemerintah membiayai pendidikan gratis atau pemberian beasiswa agar tidak terlalu berat beban mereka, apalagi katanya dia kuliah di Makassar jauh dari kampungnya sehingga ingin ada keringanan
ditengah situasi ekonomi yang sulit.
Selain itu, mahasiswa Luwu Raya tersebut menyebut adanya sekolah SD di daerah Lutim yang terdampak bencana alam akibat terkikis longsor, mereka ingin agar bisa diperhatikan dan dibantu.

Menyikapi hal itu, Kasubag Umum, Kepegawaian dan Hukum Dr. Andi Fachruddin, S.STP yang mewakili Kadisdik Sulsel mengatakan bahwa, semua yang disampaikan adik-adik mahasiswa kami hargai sebagai sebuah masukan yang positif. Hanya menurut Andi Fachruddin ada beberapa tuntutan tersebut tidak tepat sasaran, misalnya saja gedung SD yang kena bencana, itu kan bukan ranah Disdik Sulsel melainkan kabupaten/kota dan kami tidak bisa mengintervensi, seraya mengatakan kewenangan Disdik Sulsel itu hanya ada pada jenjang pendidikan SMA, SMK dan SLB, ujar pria berdarah Pinrang yang akrab di sapa Ahonk itu.
Namun demikian, dia juga tidak menampik bahwa sejumlah sarana pendidikan di Seko dan Rampi Kabupaten Luwu Utara pernah dibenahi Disdik Sulsel, ujarnya.
Yang bisa dibantu adalah bagi siswa SMA, SMK dan SLB yang tidak mampu melalui program beasiswa sebab hal itu ada mekanismenya, sementara pada jenjang TK, SD dan SMP kami tidak boleh mengintervensi sebab itu ranah kabupaten, tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut Kasubag Umum Disdik Sulsel Andi Fachruddin didampingi pejabat PTKIP Andi Rahmat, Kabag SDM Polrestabes Makassar AKBP Muhammadong, Kapolsekta Biringkanaya Kompol Muh Thamrin, Kapolsek Tamalanrea Kompol Muh Yusuf serta serta para personil Polri lainnya yang bertugas melakukan pengamanan.

Andi Fachruddin juga menyampaikan terima kasih baik kepada adik mahasiswa terlebih khusus lagi pihak kepolisian dan satpol sehingga acara ini berlangsung terkendali.(yun/ Ical)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *