P5 Tema Kewirausahaan, Produk Kuliner Dan Minuman Kekinian Di Gelar Oleh SMA 13 Bone

BONE-LEMKIRANEWS.Id

Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang disingkat dengan P5 merupakan Projek yang wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek.

Sebagai pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka dengan jalur Mandiri Berubah, SMA Negeri 13 Bone memilih tiga tema projek yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Pada projek pertama yang dilaksanakan pada semester ganjil, tema yang diambil adalah tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan tema “Bangun Jiwa Raganya”. Projek ketiga kali ini mengambil tema “Kewirausahaan” dengan topik “Menjajaki usaha kuliner olahan ikan dan minuman kekinian”.

Projek kali ini berbeda dari projek sebelumnya yang sebelumnya dilaksanakan pada pekan terakhir semester, tapi kali ini projek dilaksanakan selama dua pekan berturut-turut. Hal ini dikarenakan agar terjadi kesinambungan antar aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam melaksanakan P5. Siswa diajarkan tidak hanya berjualan, namun sebelum melakukan perayaan belajar, siswa diajarkan terlebih dahulu bagaimana menjadi pengusaha yang mempunyai akhlak mulia, kreatif

Tahapan yang dilalui oleh peserta didik dalam melaksanakan kegiatan P5 tema Kewirausahaan adalah tahap Eksplorasi Konsep – Kontekstualisasi – Aksi Nyata – Refleksi dan Evaluasi. Pada tahap Eksplorasi konsep, siswa diajak untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan tentang kewirausahaan, pelaku usaha sukses, menumbuhkan kreatifitas dan kerja tim. Tahap Kontekstualisasi mempunyai tujuan agar siswa mengalami langsung dan belajar dari proses kewirausahaan dari pelaku usaha di sekitar kota Bone.

Produk beragam dan unik yang ditampilkan pada Market Day selama satu hari pada hari Sabtu 20 April 2024 menjadikan pengalaman pelajar yang tidak akan terlupakan oleh mereka. Mereka belajar bagaimana mendesain logo, membuat kemasan, melakukan pemasaran sampai dengan melakukan promosi dari produk yang mereka jual.

Tahap terakhir yang dilalui oleh siswa adalah tahap Refleksi dan Evaluasi yang pada tahap ini mereka belajar untuk membaca umpan balik yang diberikan oleh pengunjung, melakukan evaluasi, membuat laporan digital, merancang tindak lanjut bagi pribadi dan sekolah. Semua tahap yang dilakukan oleh siswa dibimbing oleh wali kelas dan 2 pembimbing setiap kelasnya. Mereka akan mendapatkan laporan kegiatan P5 ini pada Rapor P5 yang akan diberikan setiap akhir tahun ajaran.#

Risal
Author: Risal

Pemimpin Umum /Pemimpin Redaksi Lemkiranews.id

Pos terkait